Minggu, 19 Oktober 2014

Pentingnya Komunikasi dengan Pelanggan



Apakah Anda setuju dengan saya bila komunikasi dengan pelanggan adalah hal yang cukup serius dan penting? Jika saya berkata serius, artinya hal tersebut memang wajib dilakukan. Mengapa demikian?

Karena untuk membuat pelanggan membeli ataupun menjaga mereka agar tetap menggunakan produk ataupun jasa Anda, yang perlu Anda lakukan adalah menjaga hubungan emosional dengan mereka. Apabila Anda rutin berkomunikasi dengan mereka, maka mereka lebih mendapatkan emosi rasa nyaman dan puas. Karena mereka akan merasakan Anda dan pelanggan bukan hanya sekedar kenal, tetapi juga dekat. Jika sudah demikian bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan setia perusahaan Anda.

Jadi ingat, komunikasi dengan pelanggan adalah hal penting. Saya pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini : “Jika kita tidak memiliki waktu untuk berkomunikasi dengan pelanggan apakah ada cara lain untuk tetap berkomunikasi dengan mereka?”

Kemudian saya menjawab: “Tentu saja ada, banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan. Misalnya saja saya beri satu contoh:
Jika Anda adalah pemilik usaha kuliner ataupun rumah makan, tentunya Anda dapat menggunakan Dus Makanan Anda sebagai media komunikasi dengan pelanggan Anda.”

“Bagaimana caranya? Tentu saja dengan cara menjadikan Dus Makanan tersebut menjadi media cetak yang mana Anda membuat desain yang komunikatif seperti info promo, info pembukaan cabang baru, info menu baru, dan masih banyak lagi.”

Dengan orang melihat desain saja mereka akan mengerti apa yang Anda sampaikan pada desain tersebut. Oleh karena itu peran deasin yang komunikatif sangat diperlukan dalam kasus ini.

Dengan sering mengadakan info promosi ataupun ucapan hari raya maka akan membuat usaha Anda lebih dipandang peduli terhadap pelanggan. Hal inilah yang akan membuat pelanggan Anda loyal terhadap usaha Anda.

So, jika Anda ingin melakukan seperti yang sampaikan pada artikel ini maka saya menyarankan menggunakan Dus Makanan Greenpack. Yang mana Anda tidak dikenakan biaya cetak sama sekali. Info lebih lengkapnya bisa Anda dapatkan di : http://www.greenpack.co.id/

Saya Irham Maulana, senang bisa membagikan info bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar